Senin, 17 Januari 2011

Menghidupi Mimpi di 2011


By: Rahmad Syah Nasution

Semua orang punya mimpi, tapi kenapa hanya sebagian kecil yang mampu menghidupi mimpi-mimpinya? 

Di awal tahun 2011 ini, saya yakin hampir semua orang memiliki motivasi yang tinggi; kepercayaan diri yang tinggi untuk mampu meraih apa yang ingin diraih tahun ini. Banyak orang yang selalu dari tahun ke tahun, memiliki resolusi tahun baru. Resolusi tahun barupun beraneka ragam, ada yang ingin lulus kuliah tahun ini, mendapat pacar, nikah, turun berat badan, dan sebagainya.

Dari tahun ke tahun pula, banyak yang kecewa karena ketika Desember tiba, mereka sadar bahwa apa yang ingin mereka capai tidak berhasil terealisasikan. Banyak yang resolusi awal tahun lalu, ‘muncul’ lagi di list resolusi tahun berikutnya. Kenapa ini bisa terjadi? Kenapa dari tahun ke tahun, mimpi-mimpinya belum berhasil dibuat menjadi sebuah kenyataan, sebuah pencapaian?

Apa yang bisa memotivasi saya mungkin tidak bisa memotivasi anda, begitu juga sebaliknya. Apapun itu, hanya diri andalah yang tahu. Uang, materi, keharmonisan, kebahagiaan, apapun itu, tanyakan ke diri anda, dan jawablah sejujur-jujurnya.

Misal, hal yang memotivasi anda adalah untuk memiliki rumah besar dan mobil mewah. Kedua hal inilah yang harus anda ingat, ketika anda sedang ‘down’. Tanyakan diri anda, “Apakah saya masih mau rumah besar dan mobil mewah?” Apabila jawabannya adalah “Ya”, maka anda akan secara otomatis bangkit dari perasaan ‘down’ itu dan berusaha lagi. Simple kan? Sedih itu pasti, tapi tidak ada gunanya sedih berlama-lama. Semakin lama kamu sedih dan feeling ‘down’, semakin lama pulalah kamu menunda suatu pencapaian.

Nah, untuk bisa menghidupi mimpi-mimpi anda, ketahuilah apa itu yang bisa memotivasi anda selama proses itu berlangsung. Hmm, tapi anehnya, banyak juga orang yang sudah tahu apa yang dia inginkan, tapi tetap tidak bisa menghidupi mimpinya. Kenapa?

Jawabannya adalah karena kebanyakan orang berpikir bahwa kesempatan itu datang. Mereka menunggu. Banyak yang bertanya, bagaimana kita bisa lebih peka guna melihat kesempatan?” Inilah salah kaprah kebanyakan orang. Saya tidak tahu kenapa, tapi saya selalu berpikir bahwa kita bisa menciptakan kesempatan untuk diri kita sendiri. Jadi saya juga selalu berpikir, kalau bisa menciptakan sendiri, kenapa mesti menunggu?

Banyak orang yang tidak tahu bagaimana caranya untuk menciptakan kesempatan untuk dirinya sendiri. Gampang. Yang harus anda lakukan adalah untuk berusaha peka dalam melihat keadaan sekeliling anda. Caranya? Rajin membaca koran, buku, majalah, menonton berita di TV, mendengarkan radio dan perbanyak teman. Ini step awalnya; anda harus membekali diri anda dengan pengetahuan.

Kemudian, milikilah attitude untuk tidak mudah puas. Berpikirlah kritis. Setelah mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber, coba untuk menganalisanya. Coba untuk berpikir bagaimana caranya melakukan itu di sini dan kalau anda sudah berhasil melakukan suatu hal, berpikirlah untuk bagaimana bisa melakukannya lebih baik lagi.

Kenapa penting untuk memiliki attitude untuk tidak mudah puas? Karena inilah akar dari suatu kreatifitas. Orang yang kreatif, cenderung adalah orang yang tidak mudah puas. Mereka terus berpikir untuk bagaimana melakukan suatu hal lebih baik lagi. Sehingga apa yang dilakukannya terus berbeda dengan apa yang sudah pernah ada.

Kreatif bukan berarti harus menciptakan sesuatu dari nol. Meng-improvisasikan sesuatu yang sudah ada juga dikategorikan sebagai kreatifitas. Kalau copy & paste jelas bukan kreatifitas.

Nah, jadi bagaimana untuk bisa menjadikan 2011 sebagai tahun di mana anda akan menghidupi mimpi-mimpi yang mungkin telah anda miliki bertahun-tahun? Cari apa yang mampu men-drive diri anda, dan ciptakanlah kesempatan anda sendiri. Jangan menunggu. Ayo, let’s MAKE IT HAPPEN!

4 komentar:

  1. mantap bg ...
    thanks y bg .
    hahahaha

    abg di mn ni ?
    koq jrng kliatan di kmpus ?!

    BalasHapus
  2. bagus kata" na,.
    smg anda bs berubah d tahun 2011 nhe,..
    brbh lbh baek ge..

    BalasHapus
  3. oke gan ...

    saya harap anda juga gan .

    thanks y gan .

    BalasHapus