Selasa, 27 Oktober 2015

Mode Akses Radio

    2.1.1.      Mode Akses Radio
            Pada komuniaksi seluler sangat penting untuk mempertimbangkan kemampuan jaringan untuk melakukan komunikasi dalam dua arah secara simultan atau dikenal dengan istilah komunikasi full duplex. Oleh karena itu dapat melakukan komunikasi dua arah  secara simultan, maka dibutuhkan suatu teknik duplex. Pada umumnya terdapat dua teknik duplex yang biasa digunakan, yaitu frequency division duplex (FDD) dan time division duplex (TDD). FDD merupakan teknik duplex yang menggunakan dua frekuensi yang berbeda untuk melakukan komunikasi dalam dua arah, Dengan menggunakan FDD dimungkinkan untuk mengirim dan menerima sinyal secara simultan dengan frekuensi  yang berbeda-beda. Dengan teknik ini dibutuhkan guard frequensi untuk memisahkan frekuensi pengirim dan penerima secara simultan serta dibutuhkan proses filtering frekuensi yang harus akurat. Sedangkan TDD menggunakan frekuensi tunggal dan penerima data, Setiap kanal tersebut dimultiplexing dengan menggunakan basis waktu sehingga setiap kanal memiliki time slot yang berbeda. Perbedaan teknik FDD dan TDD dapat dilihat pada gambar 2.14.

Gambar 2.25 Perbedaan FDD dan TDD pada LTE

 Pada Gambar diatas dapat dilihat bahwa dalam teknik FDD lebih banyak menggunakan spektrum frekuensi yang tersedia. FDD lebih unggul dalam menangani larency dibandingkan TDD karena kanal harus lebih lama menunggu waktu pemprosesan dalam multiplexing.
Interface radio LTE mendukung frekuensi division duplex (FDD) dan time division dulpex (TDD), yang masing-masing memiliki struktur frame yang berbeda-beda. Pada LTE terdapat 15 band operasi FDD dan 8 band operasi TDD pada LTE. LTE juga dapat menggunakan fasilitas half-duplex FDD yang mengizinkan sharing hardware diantara uplink dan downlink tidak digunakan secara simultan. LTE dapat menggunakan kembali semua band frekuensi yang digunakan UMTS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar